Floaters, Bintik dan Garis hitam di penglihatan Kita

Halloooooooooo!! udah setahun kali ya, saya ga ngeblog lagi. Ya saat itu hanya karena ada satu alasan, maaf ya curhat dulu.Waktu itu persiapan UN, harus fokus. Ngeblog jadi jarang, jadi ga terbiasa lagi. Ujung2nya jadi males banget, terutama karena domain .com ilaangg :( (waktu itu masih main-main..)

Balik ketopik, saya mau share penyakit yang saya rasakan. Sobat pernah ga melihat ada garis atua bintik hitam di penglihatan, bukan di bola matanya, tapi di penglihatan. Intinya? Cuma sobat yang bisa lihat. Nah, penyakit ini disebut Floaters.




Gambar diatas kira2 adalah penampakannya. Saat fokus pada suatu benda, biasanya benda ini tidak terlihat. Tapi begitu melihat benda berwarna cerah (tembok contohnya), biasanya fokus mata akan ke bintik hitam ini.

Floaters

Eye floaters" adalah endapan atau kondensasi (pengembunan) didalam selai mata yang seperti kaca (vitreous jelly of the eye). Orang-orang menggunakan istilah "pengambang mata (eye floaters)" untuk melukiskan noda-noda yang mengambang didalam penglihatannya ketika mereka melihat kesekelilingnya. Eye floaters dapat hadir hanya pada satu mata atau kedua-dua mata.

Bintik dan garis hitam atau floaters sebenarnya tidak berada di lapisan mata, tapi berada di dalamnya, lihat ilustrasi berkut Sob.





Mengapa Floateres bisa terjadi?

Umumnya Floaters terjadi akibat penuaan, tapi Floaters juga dapat terjadi pada anak muda yang disebabkan karena memakai matanya secara berlebihan. Nah, untuk kalian sobat yang masih bagus matanya, jangan gunain matanya berlebihan! Terutama di depan layar.

Pengobatan?

Kalo katanya sih, penyakit ini akan hilang dengan sendirinya.

Nah, udah tahu kan? Floaters emg sangat mengganggu, jadi, klo matanya masih bagus, pertahankan ya.

2 comments :