Pentingnya Buku Tamu pada Blog

Buku Tamu atau Chatbox/GuestBooks merupakan widget chat yang pesannya akan di kirim kepada seluruh pengunjung maupun Admin pada blog yang dipasang widget tsb. Guestbook seringkali ditemukan pada blog. Karena memang sudah "wajib" bagi para pengguna blogger tetapi ada juga orang yang tidak menggunakannya (Sebenarnya tidak wajib sih...). Ketahuilah, pemasangan Guestbook itu penting lho! Mengapa? Ketahuilah, dengan guestbook pengunjung dapat meninggalkan pesan, ucapan termikasih, dan lainnya. Guestbook juga dapat diibaratkan sebagai Ruang Tamu *Menurut saya* . Nah, bayangkan, bagaimana bila rumah tak ada ruang tamunya? Sama halnya dengan blog.

Dengan buku tamu pada blog (Guestbook/Chatbox) pengunjung maupun Admin dapat mengetahui dari mana asal pengunjung tsb, karena sebelum mengisi pesan, orang yang akan meninggalkan pesan wajib menuliskan link/email. Hal ini memudahkan Admin. Dan *menurut saya* guestbook itu sangat bermanfaat.

Kekurangan pada Buku Tamu

Yang satu ini, saya melihat dari suatu blog, dan saya share lagi di sini, tetapi hanya intinya saja. Tidak main Copas. Buku Tamu dapat mengurangi komentar yang ada pada artikel blog. Mengapa? Karena kebanyakan orang malas untuk berkomentar dan bila mana ada Buku Tamu maka orang-orang akan lebih memilih meninggalkan pesan di Buku Tamu ketimbang di Kotak komentar artikel.

Ok, sekian dulu yah, semoga bermanfaat buat para sobat pengguna blogger :)

2 comments :

  1. memang bener kang, buku tamu sangat penting agar kita mengetahui sobat yg berkunjung, tpi ya gtu, kadang ada yg tidak memasangnnya agar kita komentar di web atau blognya,,,,

    ReplyDelete
  2. iya sob, buku tamu/guest book emang sangat penting.

    ReplyDelete