Selamat bulan Ramadhan - 1433 H

Halo, sobat BlogSeno. Bagaimana kabarnya? Mudah-mudahan sehat ya, Amiin.Sebelumnya, terimakasih kepada para pengunjung dan pemilik blog lain atau web yang memberikan dukungan serta support kepada blog saya ini. Dan maaf pula saya baru memposting artikel ini. Kepada para pembaca, pengunjung, saya Admin meminta maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kesalahan dalam ngeblogging tujuh bulan ini. Dan kesalahan lainnya yang mungkin pernah ketemu dengan saya ^_^ . Saya, mengucapkan, Selamat bulan Ramadhan ke 1433 H, Mohon maaf lahir dan batin.Semoga puasa kita semua full nggak setengah-setengah ( Kayak iklan aja ^^" ) dan diterima oleh Allah SWT :).

Nah, selanjutnya saya akan membahas tentang puasa dan bulan Ramadhan yang penuh barokah ini. Semoga bermanfaat ^o^ .


Manfaat puasa

          Puasa merupakan ibadah yang pahalanya amat tinggi. Dan puasa yang wajib, yaitu puasa pada bulan Ramadhan ini pahalannya jauuuuuh lebih banyak dibanding puasa biasa.Maksudnya apa puasa biasa? Puasa biasa di lakukan di hari biasa. Bukan di bulan Ramadhan tentunya. Nah, apabila kita melakukan ibadah puasa, banyak loh manfaatnya, simak ya :).

Melatih menahan Amarah dan lapar merupakan salah satu manfaat puasa. Ya, dalam puasa kita sangat dilarang makan dan minum, Maupun marah. Karena dapat membatalkan puasa. Dan kita harus menggantinya dilain waktu. Tetapi, itu hanya untuk makan dan minum. Setahuku, kalau marah hanya mengurangi pahala saja. Oh ya, katanya lambung akan lebih sehat bila kita berpuasa. Dan penyakit maag pun dapat sembuh dengan sendirinya saat puasa. Jadi, untung dong bagi penderita maag. Karena sakitnya sembuh :) . Semoga orang-orang yang sakit maag saat ini segera sembuh karena puasa.

Merasakan menjadi orang yang tidak pernah makan dari terbit hingga terbenamnya matahari. Bila kita menjalankan ibadah puasa, maka kita merasakan bagaimana rasa orang-orang yang tidak makan dari terbit sampai terbenamnya matahari ( Maghrib ). Tetapi, bagi orang yang hidupnya kebutuhannya cukup, setelah waktunya berbuka puasa, dapat makan dan minum enak. Sedangkan orang pinggiran ( kekurangan/miskin ) yang yang tak punya makanan dan uang, mau makan apa setelah waktunya berbuka puasa? Jadi, mereka puasa lebih dari waktunya. Dan mereka berbuka setelah mendapat rejeki dari Allah SWT. Karena itu, bagi sobat-sobat semua, bantulah orang-orang seperti tadi. Dengan cara memberi uang meski sedikit atau makanan dan minuman. Atau juga dengan mendoakan mereka. Kan dibulan puasa,doa kita lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT.

Tips supaya anak mau berpuasa


Bagi orang dewasa, mungkin puasa merupakan hal yang mudah. Tetapi, bagaimana dengan anak-anak yang masih baru belajar puasa? Tentu sulit sekali. Kadang mereka merengek-rengek agar diinjinkan membatalkan puasanya. Eitss, jangan diinjikan ya, supaya mereka tidak merengek-rengek, lihat tips dibawah ini.

1. Jelaskan semua tentang puasa dan bulan Ramadhan
Supaya anak mengerti, Jelaskan terlebih dahulu apa itu bulan puasa dan puasa sebelum mereka belajar puasa. Jelaskan bahwa bila puasa, kita mendapatkan banyak pahala, dan bisa masuk surga. Jelaskan pula aturan-aturan menjalankan ibadah puasa. Yaitu, tidak boleh marah, makan dan minum, dll. Jelaskan bahwa bila melanggar aturan-aturan tersebut, puasa akan batal dan tidak mendapatkan pahala.

2. Sembunyikan makanan kesukaannya
Agar anak tidak tergoda dengan makanan, sembunyikanlah makanan-makanan kesukannya seperti eskrim atau yang lainnya. Tetapi, pada saat sahur jangan! Sudah jelaslah ^^ . Saat sahur justru harus makan sampai kenyang.

3. Beri hadiah bila ia berhasil
Bujuk anak sobat supaya mau puasa apabila anak sobat tidak mau puasa dengan memberikannya suatu hadaah kesukaanya, misal: Boneka, mainan, uang atau yang lainnya. Berikan hadiah pada anak sobat setelah ia berhasil puasa full sebulan/sehari terserah sobat.

5. Jangan dipaksa anak berpuasa
Bila mana anak sobat belum kuat atau tak mau puasa, jangan dipaksa atau dimarahi. Anak justru malah ketakutan saat bulan puasa. Sebaiknya tunggu ia mau mencoba puasa. Atau latih anak sobat dengan puasa setengah hari. Dan juga tentunya bila anak belum mengerti apa itu puasa, jelaskan sejelas-jelasnya, seperti di tahap 1. Kalau anak sobat dimarahi agar ia mau berpuasa, bisa-bisa ia berbohong agar ia tak mengecewakan sobat.

Cukup sekian tipsnya ya. Semoga bermanfaat.Selamat menunaikan ibadah puasa! Kita ketemu lagi ya :)

2 comments :

  1. Saya mohon maaf juga bila ada salah dengan sobat.Mungkin paggilan dari sobat 1 minggu+ yang lalu tidak bisa saya balas karena kesibukan saya.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, Ngga apa" kok :) , Saya juga minta maaf kalau ada salah ya?

      Delete