Tutorial membuat Phone Book dengan Access 2007

1. Pertama buat file baru di access. beri nama Phone_Book seperti pada gambar:
Lalu buatah table (tetapi pada pertama kali dibuka biasanya sudah membuat table jadi tidak peru membuat lagi) pindah ke mode design, isikan nama table adalah: T_phone lalu isikan field-fieldnya dan datanya sebagai berikut(Deskripsi tidak perlu diisi):
Kemudian kembali ke mode datasheet bila muncul sebuah pesan klik yes. isikan table-tablenya sesuai dengan keinginan anda, misalnya ibumu, kakakmu, ayahmu, atau temanmu. isikan kode phone contoh: K001, nama, Alamat, no telp, dan status. 
2. kemudian membuat form(Pada tahap ini kita tidak perlu membuat query) dengan cara:
  1. klik create pada navbar, klik more form > form wizard.
  2. pada optionsnya, pada panah bawah pilih T_phone, pindah kan semua isinya pada tempat sebelahnya. 
  3. Klik Next > Next lagi > Next lagi > beri nama frm_phone pada input box diatas, kemudian pilih modify form design.
Akan nampak gambar seperti dibahaw ini:














Tambahkan combo box, caranya masuk ke mode design > pada controls piih combo box > drag kearah form > muncul combo box wizard, ikutilah gambar-gambar dibawah ini:























Lalu rapikan ontrol-control yang ada disitu menjadi seperti ini:









Nah, sekarang agar kita dapat menambahkan, menyimpan, menghapus record, caranya adalah tambahkan command(tombol) 4 command dari tabulasi control. pada command pertama muncul wizard, isikanlah sebagai berikut: klik record operations > add new record > next > pilih text next lagi > tulis cmd_tambah.
yang lainnya pun sama, tertapi bila menghapus pilih delete record, menyimpan save record, dan keluar berada di form operations > close form.









lalu test dengan meng-klik F5.
3. membuat report (laporan), apa gunanya report? jawabanya untuk mengetahui apa saja yang telah dibuat di frm_phone. langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Klik Create pada navbar lalu klik report wizard.
  2. lalu pindahkan semua isi ke tempat sebelah > next > next > next > next > next > tulis rpt_phone dan klik modify the repot's design > finish
  3. lalu copy command close dari form phone dan paste di footer rpt_phone.
4. membuat switchboard, apa gunanya switchboard? untuk membuat form utama. langkahnya adalah:
  1. pada navbar klik Database tools > swtchboard manager > pada switchboard wizard klik edit > new > pada input pertama tulis maintenance phone book
  2. yang kedua open form in edit mode dan ketiga(panah bawah) pilih frm_phone > ok.
  3. klik new lagi > isi textnya Laporan >open report > rpt_phone > lalu close terus sampai wizardnya hilang. nah, sekarang buka switchboardnya Test dan SAVE DENGAN KLIK GAMBAR DISKET DEKAT GAMBAR OFFICE BUTTON. dan selesai! selamat mencoba. harap bila ada kesalahan hubungi bagus.seno@yahoo.com 
Sumber: Goldenblog

0 comments :

Post a Comment